Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare

Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare


Diare mengacu pada bagian sering hajat besar atau berak cair. Penyebab paling umum adalah keracunan makanan, pasokan air yang buruk, flu, makan berlebihan, alergi makanan, parasit, dan kolitis. Pada bayi, juga dapat dikaitkan dengan masa pertumbuhan gigi. Stres termasuk marah atau emosional, penggunaan antibiotik, atau bahkan menelan dosis tinggi vitamin C adalah penyebab lain dari diare. 


Diare dapat akut atau kronis. Diare kronis sering berlangsung lebih lama (hingga 3 minggu atau lebih) diare berat dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat berakibat fatal, karena kehilangan air dan nutrisi dalam tubuh.


Gejala Penyakit Diare
Diare dapat bersifat sementara dari infeksi atau kronis. Diare kronis dapat menjadi tanda penyakit yang lebih serius yang memerlukan intervensi medis yang segera.


Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit DiareGejala diare tanpa komplikasi (tidak serius) yang berair, tinja cair, kebutuhan sering pergi ke kamar mandi, kehilangan nafsu makan, perut kembung, nyeri atau kram, mual dan muntah.


Gejala rumit (serius) diare adalah darah atau lendir yang ada dalam tinja, demam, dan penurunan berat badan. Gejala ini menunjukkan penyebab yang lebih serius.


Dehidrasi: Diare yang menyebabkan dehidrasi adalah tanda penyakit yang serius. Penting untuk mengisi kembali tubuh dengan cairan.


Penyebab Diare yang paling umum

    Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare
  • Infeksi melalui makanan dan air yang terkontaminasi
  • Infeksi Viral
  • Infeksi bakteri
  • Makanan sembarangan
  • Kondisi medis, seperti Irritable Bowel Syndrome, Penyakit inflamasi usus, Penyakit Celiac, colitis ulseratif, dan Kanker Colon.

Infeksi virus, yang menyebabkan kebanyakan kasus diare, biasanya membawa ringan sampai sedang dengan gejala sering buang air besar yang encer, kram perut, dan demam ringan. Diare biasanya berlangsung dari 3-7 hari. Virus norwalk adalah penyebab paling umum dari wabah diare di kalangan orang dewasa dan anak-anak usia sekolah. Infeksi bakteri akan menyebabkan kasus yang lebih serius pada diare. Anda biasanya mendapatkan bakteri dari makanan atau minuman yang terkontaminasi (keracunan makanan). Infeksi bakteri juga menyebabkan gejala berat dengan muntah, demam, dan kram perut parah atau sakit perut. Diare sangat sering dan mungkin berair.


Berikut adalah Pengobatan alamiah untuk penyakit Diare


Buttermilk / Dadih
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit DiareButtermilk adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif dalam mengobati diare. Buttermilk adalah susu sisa dari setelah lemak dibersihkan dari dadih dengan disaring. Ini membantu mengatasi flora usus yg berbahaya. Asam dalam dadih juga membasmi kuman dan bakteri. Buttermilk dapat diminum dengan sedikit garam sebanyak tiga atau empat kali sehari untuk mengendalikan penyakit ini.


Sup Wortel
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit DiareSup wortel merupakan obat yang efektif untuk diare. Ini memasok air untuk memerangi dehidrasi; natrium mengisi ulang, kalium, fosfor, kalsium, sulfur, dan magnesium; pektin persediaan, dan melapisi usus untuk meredakan peradangan. Hal ini juga memeriksa pertumbuhan bakteri usus yang berbahaya dan mencegah muntah. Setengah kilogram wortel dapat dimasak dalam 150 ml air sampai mereka menjadi lembut. Sisanya harus disaring dan tambahkan air mendidih secukupnya sampai cukup 1 liter. Tiga perempat dari satu sendok makan garam dapat ditambahkan juga. Sup ini harus diberikan dalam jumlah kecil kepada pasien setiap setengah jam.


Daun Fenugreek
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit DiareDaun Fenugreek sangatlah berguna dalam diare. Satu sendok teh biji yang telah direbus dan digoreng dengan mentega, harus diambil dengan secangkir buttermilk dua kali sehari. Mereka sangat bermanfaat dalam menyembuhkan gangguan pada empedu. Benihnya juga bermanfaat dalam pengobatan penyakit ini.


Jahe
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit DiareDalam kasus diare yang disebabkan oleh gangguan pencernaan, jahe kering atau segar sangatlah berguna. Sepotong jahe bubuk kering bersama dengan batu kristal garam, dan seperempat sendok teh bubuk ini harus diambil dengan sepotong kecil gula merah. Ini akan membawa bantuan cepat karena jahe, menjadi karminatif, membantu pencernaan dengan merangsang saluran pencernaan.


Daun Mint
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare
Jus mint juga bermanfaat dalam pengobatan diare. Satu sendok teh jus mint segar, dicampur dengan satu sendok teh setiap jeruk nipis dan madu, bisa diberikan tiga kali sehari dengan hasil yang sangat baik dalam pengobatan penyakit ini.


Labu Botol
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare
Jus labu botol adalah obat yang berharga untuk haus berlebihan karena diare berat. Segelas jus polos dengan sedikit garam harus diambil setiap hari dalam mengobati kondisi ini.


Daun Drumstick
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare
Jus daun segar drumstick ini juga berharga dalam diare. Satu sendok teh sari daun ini, dicampur dengan satu sendok teh madu dan segelas air kelapa lembut, dapat diberikan dua sampai tiga kali sebagai obat herbal dalam pengobatan diare.


Buah Delima / Pomegranate
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare
Delima telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan diare karena sifat zat. Jika pasien mengalami efek kelemahan karena berlimpah dan berkesinambungan buang air, dia berulang kali harus diberikan sekitar 50 ml jus delima untuk diminum. Ini akan mengontrol diare.


Biji Mangga
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit DiareBiji mangga sangat bermanfaat dalam diare. Benih harus dikumpulkan selama musim mangga, dikeringkan di tempat teduh dan dijadikan bubuk, dan terus disimpan untuk digunakan sebagai obat bila diperlukan. Dosis sekitar satu setengah sampai dua gram dengan atau tanpa madu harus diberikan dua kali sehari untuk pengobatan diare.


Biji Wijen
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit DiareBiji wijen sangat membantu dalam pengobatan kondisi ini. Dua sendok makan benih harus dipanggang ringan dalam wajan. Mereka kemudian harus ditumbuk menjadi bubuk halus dan dicampur dengan satu sendok minyak sapi. Massa yang akan dikonsumsi harus dibagi menjadi tiga bagian dan setiap bagian harus diambil dengan setengah cangkir susu kambing rebus sebanyak tiga kali sehari selama enam hari oleh pasien. Karena berfungsi sebagai obat yang sangat baik dalam kondisi ini.


Kunyit
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit DiareKunyit telah terbukti menjadi alternatif obat yang berkhasiat untuk diare. Ini adalah antiseptik usus yang sangat berguna. Ini juga merupakan stimulan lambung dan tonik. Satu sendok teh jus kunyit segar rimpang atau satu sendok teh bubuk rimpang kering dapat diambil dalam satu cangkir buttermilk ataupun air biasa.


Beras
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare
Beras juga berguna dalam mengobati diare pada anak. Satu sendok teh beras bubuk hangus, dicampur dengan segelas buttermilk / dadih, harus diberikan dalam dosis tiga puluh gram setiap setengah jam. Ini akan membawa hasil yang sangat baik.


Pengobatan Efektif lainnya untuk penyakit Diare
Apel dimasak atau dipanggang juga cukup baik untuk diare. Proses memasaknya akan melembutkan selulosa pada apel. Sebagian besar nilainya sebagai bahan mengatur  hilang sehingga itu efektif dalam melonggarkan perut.


Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit DiareSegelas jus tomat segar, dicampur dengan sedikit garam dan merica, diminum pada pagi hari, juga terbukti sangat berkhasiat.


Cairan tepung lain seperti air garut, air barley (bahan dasar pembuatan bir), dan air kelapa juga berguna dalam pengobatan diare. Mereka tidak hanya menggantikan cairan yang hilang tetapi juga mengikat kotoran. Pengobatan rumah lainnya termasuk pisang dan bawang putih. Pisang mengandung pektin dan mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan. Bawang putih adalah pembunuh kuman yang kuat, efektif, dan tidak berbahaya. Ini membantu pencernaan dan menghilangkan cacing usus.


Pertimbangan pola makan / diet


1. Diet ini dapat membantu mengontrol jangka pendek diare, yaitu:

    Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare
  • pisang
  • nasi putih
  • apel yg telah dikupas kulitnya
  • roti putih panggang



2. Hal ini penting untuk menggantikan cairan dan mineral. Untuk itu, Anda dapat minum air, jus sayuran, kaldu, dan teh herbal.


3. Sauerkraut dan jus tomat juga digunakan untuk mengisi mineral hilang. Minum 1 sampai 2 sendok makan setiap jam. Campuran berikut dapat digunakan juga:


 Untuk 1 liter air tambahkan:

  •  4 sendok teh madu
  •  1 sendok teh baking soda
  •  1 sendok teh garam
  • Tambahkan lemon, jeruk nipis, atau jus wortel secukupnya.
  • Minum 1 cangkir setiap satu atau dua jam.

4. Campuran saus apel dan pisang ditaburi bubuk carob dapat membantu dan sangat disukai oleh anak-anak.


Metode pengobatan lainnya
Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit DiareMetode lain yang berguna untuk pengobatan diare adalah penerapan kompres dingin pada 15,6 derajat Celcius pada bagian perut dan pinggul mandi dingin sebesar 4,5 degreesC-10 derajat C. Prosedur kompres dingin adalah untuk memeras kain dilipat dari air dingin dan menerapkan di perut. Meremas-remas harus hanya cukup untuk mencegah menetes. Kompres harus diperbaharui setiap 15 sampai 20 menit. Untuk bak mandi duduk dingin, tipe khusus dari bak mandi yang digunakan. Itu diisi dengan air dingin sehingga mencakup pinggul dan mencapai sampai tingkat pusar pasien ditutupi dalam posisi duduk. Durasi mandi adalah biasa, yaitu 10 sampai 15 menit. Pasien harus menggosok perut dari bawah air dalam gerakan berlawanan arah jarum jam cepat di seluruh tubuh dengan kain, agak kasar. Kaki, kaki, dan bagian atas tubuh harus tetap benar-benar kering selama dan setelah mandi.


Dengan tips Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare diatas somoga dapat membantu siapa saja yang membutuhkan informasi terkait. ^_^

Comments :

0 komentar to “Pengobatan Alamiah Untuk Penyakit Diare”

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Ngetop

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

 
Tips Kesehatanz
Blogger Template by Blogger marco Share In Blogger Template | Host In Blogger.com